Monday 20 April 2020

Jangan Mudik Dulu

Tulisan ini saya tujukan untuk semua saudara-saudara yang sampai saat ini masih ada di perantauan, khususnya saudara-saudara yang berasal dari Kabupaten Wonosobo. Teruntuk Anda semua, tolong jangan mudik dulu. Tahan dulu rasa rindu Anda.

Walaupun dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah tidak mengeluarkan larangan untuk mudik dan ini hanya bersifat himbauan, tolong turuti saja karena semua itu demi memotong rantai penyebaran virus Covid-19, demi keselamatan kita bersama, demi keselamatan keluarga di kampung dan tentu saja demi kesehatan finansial keluarga di kampung sebab yang dari kampung bisa menyelamatkan kita di perantauan.

Mengapa saya menyebut kota Wonosobo? Karena saya sendiri berasal dari kota kecil itu dan saya anggap kehidupan masyarakat Wonosobo bisa secara umum mewakili kehidupan masyarakat di kota-kota kecil lainnya. 

Ada beberapa alasan mengapa sebaiknya kita tidak mudik.

Pertama
Tak terbantahkan bahwa Jakarta mempunyai segala fasilitas yang jauh lebih maju dibandingkan dengan yang ada di daerah-daerah lain atau kota-kota yang lain, dalam hal ini fasilitas kesehatan maupun alat kesehatannya. Namun di saat pandemik virus Corona ini, kita bisa melihat bagaimana pontang-pantingnya tenaga medis yang ada di Jakarta, termasuk dengan ketersediaan alat-alat medis, diantaranya Alat Perlindungan Diri untuk semua tenaga medis yang ada. Bahkan ada beberapa bangunan yang dialihfungsikan sebagai Rumah Sakit darurat untuk menampung pasien-pasien Covid-19.
Coba bayangkan apa yang terjadi jika terjadi lonjakan pasien Corona di kota kecil seperti Wonosobo dengan segala keterbatasannya? Rumah sakit yang tidak sebanyak kota-kota besar seperti Jakarta, belum lagi jumlah ketersediaan tenaga medis dan alat-alat medis yang ada. Bisa Anda bayangkan betapa susah dan repotnya para tenaga medis dan Pemerintah Kabupatennya? Ini kita baru membahas tentang tenaga medis dan Pemkabnya yang pastinya bakalan kerepotan, belum lagi dengan kehidupan warga masyarakatnya.

Kedua
Sekarang mari kita bahas tentang warganya termasuk dengan segala tata kehidupan di dalamnya.
Andai saja virus Covid-19 ini sudah menyebar sampai ke pedesaan, dampaknya juga akan mengerikan. Kita anggap kebanyakan masyarakat di desa itu hidup mengandalkan penghasilan dari segi pertanian dan peternakan.
Ketika para petani dan peternak harus dikarantina, bagaimana dengan lahan pertanian dan hewan-hewan ternak mereka? Siapa yang akan mengolah lahan, menyirami sayur-sayuran dan memberi pupuk? Pastinya tanaman-tanaman itu akan mati lalu gagal panen.
Termasuk dengan hewan-hewan ternak yang juga akan mati karena tidak ada yang mengurusnya.
Para masyarakat di desa bakalan merugi secara fisik dan ekonomi.

Mengapa di atas tadi saya menulis tentang menjaga kesehatan finansial masyarakat di desa? Karena mereka bisa menopang kehidupan masyarakat di kota.
Para petani dan peternak harus tetap sehat agar ketahanan pangan kita tetap terjaga. 
Penting bagi kita supaya mereka tetap bisa berproduksi lalu panen sehingga mereka tetap mempunyai penghasilan. Dengan begitu, mereka bisa membantu saudara atau keluarganya yang ada di perantauan.
Biarlah kita di perantauan ini sekarat secara ekonomi dengan harapan keluarga di kampung bisa membantu kita. Tentu saja dengan syarat mereka tetap sehat.

Tentu saja kita tidak ingin pulang kampung dengan membawa oleh-oleh penyakit yang belum ada obatnya ini kan?

Tahan rindu kita, kita semua sama, sama-sama merindukan rumah. Sama-sama berkeinginan menikmati hari raya berkumpul bersama keluarga di kampung, bersilaturahmi kesana-kemari. Kita sama!
Namun, demi kesehatan dan keselamatan mereka, mari kita tahan rasa rindu ini. Percayalah, kelak akan ada saatnya kita bisa bebas pulang kampung.
Berdoalah kepada Tuhan, siapapun dan apapun itu Tuhan kita, supaya wabah ini cepat berakhir.

Let's fight together!!

No comments:

Post a Comment

Looped Slider

Total Pageviews

Find Us On Facebook

Random Posts

Social Share

Flickr

Sponsor

Recent comments

About This Blog

Footer

Contact With Us

Name

Email *

Message *

Recent Comments

Popular Posts