Tuesday 3 March 2015

Sahabat Sejati

Kita sebagai manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial. Dalam kehidupan ini,kita membutuhkan orang lain,kita tidak bisa hidup sendiri dan orang lain pun memerlukan kita. Oleh karena itu,kita harus berinteraksi dengan manusia-manusia yang lain.
Di saat kita berinteraksi dengan manusia yang lain, kita akan menemukan apa yang namanya teman, sahabat dan saudara, bahkan juga musuh.

Di jaman modern seperti saat ini, teknologi membuat kita bisa memiliki banyak teman. Kita bisa menambah pertemanan di sosial media seperti Facebook, Path, Twitter dan lain-lain. Bahkan kita bisa menambahkan melalui beberapa media chat seperti Blackberry messanger (BBM), Wechat, Line dan lain sebagainya. Dan kita juga bisa seenaknya menghapus pertemanan hanya dengan menghapus nama mereka dari daftar pertemanan kita. Itu semua hak kita, hak mutlak kita utk melakukan itu semua.

Namun pada kenyataannya, ada beberapa orang yang belum menemukan teman sejati walaupun dia mempunyai "teman" yang banyak. Anda mungkin setuju bahwa teman/sahabat sejati itu sangat penting. Menjadi seorang sahabat tidak cukup hanya dengak mengklik sebuah link di layar komputer atau smartphone anda. 

Teman adalah orang-orang yang selalu menemani kita dalam perjalanan hidup. Hitung saja, berapa jumlah teman yang kamu punya dari masa kecilmu? Banyak sekali, ‘kan? Tapi akuilah, tak semua dari mereka berada di tingkat pertemanan yang sama. Ada beberapa yang lebih dari teman biasa, para sahabat sejati yang selalu hadir dan menempati ruang spesial di daftar pertemanan Anda.



source : Dagelan


Tidak mudah untuk mendapatkan teman sejati, apalagi banyak orang yang hanya ingin berteman dengan kita karena alasan tertentu saja. Mungkin karena harta, popularitas, jabatan, fisik kita atau alasan yang lain. 

Saya coba paparkan beberapa ciri-ciri orang yang menjadi sabahat/teman sejati kita, yaitu:

1. Dia menjadi Pendengar yang Baik.
Teman sejati akan mendengarkan keluh-kesah kita tanpa mengeluh dan juga tanpa menghakimi kita. Bahkan terkadang, dia akan memberikan solusi dan saran. Teman sejati bahkan akan rela mengorbankan waktunya untuk mendengarkan curhatan anda, disaat anda membutuhkannya.

2. Teman Sejati Selalu Jujur.
Jika orang itu adalah teman/sahabat sejati Anda, dia akan selalu jujur kepada anda. Dia tidak akan pernah menusuk Anda dari belakang. Dia juga mungkin akan mengungkapkan apa saja kekurangan/kelemahan kita secara langsung dan tentu saja itu bertujuan untuk kebaikan kita sendiri supaya kita bisa instropeksi dan memperbaikinya.
source : Dagelan


3. Siap Membantu.
Ketika Anda membutuhkan pertolongan dan bantuannya, dia selalu siap untuk Anda. Bahkan disaat dia tidak sanggup atau tidak mampu, dia akan berusaha membantu atau bersama-sama kita mencari bantuan. Apapun caranya, bagaimanapun itu, dia tidak akan pernah meninggalkan Anda saat Anda membutuhkan uluran tangannya.
Dengan kata lain, seorang teman/sahabat sejati akan selalu ada untuk kita,baik di saat suka ataupun duka.

4. Tidak Bersaing/berkompetisi.
Persahabatan merupakan sebuah kerjasama yang terjalin karena sebuah rasa kesetiakawanan dan bukan sebuah kompetisi atau persaingan.
Di saat Anda sukses meraih mimpi Anda, teman sejati akan ikut merasa bahagia dan bangga, begitu juga sebaliknya. Dan mereka akan membuang jauh-jauh rasa iri dan dengki serta tidak akan berusaha untuk menurunkan rasa percaya diri Anda.

5. Memberikan Ruang dan Kebebasan.
Seorang sahabat sejati akan memberikan kebebasan penuh kepada anda dan mungkin bahkan tidak akan mencampuri urusan pribadi Anda kecuali jika diminta oleh Anda. Dia tahu dan paham bahwa ktia membutuhkan ruang untuk diri kita sendiri.
Selain itu, dia juga akan selalu menghargai pendapat Anda.
Dia akan memberikan Anda waktu untuk sendirian atau untuk menyelesaikan segala urusan Anda sendiri disaat Anda memang menginginkannya.

6. Ikut Merasa Apa yang Anda Rasakan.
Yang terpenting adalah teman sejati akan ikut merasakan apa yang Anda rasakan. Jika Anda senang, dia akan ikut senang. Dan jika Anda sedih,dia akan ikut merasa sedih.
Dia melakukan itu semua dengan segala ketulusan hatinya.

7. Konyol dan Lucu
Teman sejati mungkin akan bertingkah laku konyol, dan itu akan terlihat berbeda dengan teman biasa.
Hal itu disebabkan karena dia melakukan itu semua dengan tulus.
Sahabat yang konyol dan jenaka mungkin akan susah untuk kita lupakan begitu saja. Walaupun kita pernah dibuat jengkel karena kekonyolannya, tapi suatu saat kita akan merindukan itu kembali.

source : Dagelan




Pegang Pundakku, Jangan Pernah Lepaskan
Bila Ku Mulai Lelah? Lelah Dan Tak Bersinar 
Remas Sayapku, Jangan Pernah Lepaskan
Bila Ku Ingin Terbang? Terbang Meninggalkanmu  

 
Penggalan lirik lagu dari Sheila on 7 yang berjudul Sahabat Sejati ini membuat kita sadar apa itu teman dan sahabat sejati.

Ketika Anda sudah tahu dan paham bagaimana ciri-ciri orang yang menjadi sahabat sejati, sekarang giliran Anda untuk berbuat seperti itu kepada orang-orang yang Anda anggap sahabat sejati Anda.






Jagalah baik-baik sahabat/teman sejati kita, jangan sampai kita kehilangan mereka. Dan jangan juga Anda menghilang dari mereka karena selain keluarga, mereka lah orang-orang yang berperan penting dalam hidup kita.

source : Dagelan

Janganlah mencari kawan/teman hanya karena faktor harta, fisik, dan popularitas saja. Bertemanlah semua orang. Perluaslah pergaulan kita.
Memang benar kita perlu berhati-hati memilih kawan/teman. Namun itu tidak berarti kita hanya berteman dengan orang yang seumuran atau yang memiliki latar belakang tertentu saja.
Jika kita berteman dengan orang-orang dari segala aspek,baik itu usia, budaya dan kebangsaan, wawasan kita tentunya akan semakin luas.

Anda tidak perlu memakai "topeng" untuk mencari teman. Tunjukkanlah diri Anda apa adanya. Tidak perlu berpura-pura menjadi orang kaya ataupun menjadi seseorang yang super karena teman sejati akan setia menemani kita karena segala kekurangan kita.

source : Dagelan






















Tulisan ini saya dedikasikan untuk semua sahabat-sahabat baik saya yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu sebagai ucapan terima kasih karena sudah bersedia menemani, membimbing, mencaci-maki, menghibur dan merangkul saya dengan segala kekurangan yang saya miliki.
Dan untuk teman yang telah "menghapus" saya dari daftar temannya, tenang...saya masih menganggap dirimu teman walaupun engkau sudah sama sekali tidak menganggap saya teman sama sekali.
Untuk sahabat-sahabat saya yang sudah dipanggil oleh-Nya, semoga kalian tenang disana dan mendapatkan tempat yang layak di sisi-Nya. 
I'll always remember you!!

No comments:

Post a Comment

Looped Slider

Total Pageviews

Find Us On Facebook

Random Posts

Social Share

Flickr

Sponsor

Recent comments

About This Blog

Footer

Contact With Us

Name

Email *

Message *

Recent Comments

Popular Posts